headline photo

Ketagihan Seks

Banyak orang bertanya apakah ketagihan seks sama dengan libido atau nafsu seksual yang besar? Jawabannya tentu tidak sama. Libido yang besar bisa saja terjadi pada siapa saja tetapi tidak menggangu kehidupan orang tersebut.

Ketagihan seks adalah ditujukan pada orang yang secara kompulsif (berulang-ulang tanpa dapat dicegah) mencari kepuasan pengalaman seksual yang mana perilakunya menjadi terpengaruh secara nyata jika tidak mampu memenuhi impuls seksualnya tersebut.

Fenomena ini digambarkan oleh seseorang yang seumur hidup perilakunya mencari kepuasan seksual dan aktifitas-aktifitas seksual, yang menghabiskan banyak waktu dalam hidupnya untuk memenuhi kegiatan tersebut, yang seringkali ingin berhenti tetapi tidak mampu melawan impuls dorongan untuk tetap melakukan kegiatan tersebut.

Tanda-tanda Ketagihan Seks
  1. Perilaku di luar kontrol
  2. Adanya suatu konsekuensi yang nyata akibat perilaku seks tersebut yang bisa berupa gangguan medis, hukum dan hubungan interpersonal
  3. Perilaku seks yang berisiko tinggi atau upaya yang nyata untuk mengejar keinginan seksual yang merusak
  4. Adanya upaya untuk membatasi atau menghentikan perilaku seksual
  5. Obsesi atau fantasi seksual sebagai upaya mekanisme adaptasi yang primer
  6. Kebutuhan peningkatan jumlah aktifitas seksual
  7. Perubahan mood yang berat misalnya menjadi depresi atau gembira berlebihan berkaitan dengan aktifitas seksual
  8. Menghabiskan waktu yang banyak hanya untuk mendapatkan kepuasan seksual, menjalani seks
  9. Mencampuradukan kegiatan seksual dalam kehidupan sosial, pekerjaan bahkan di saat senggang.

Jadi sangat berbeda antara ketagihan seks dengan orang yang mempunyai libido yang besar. selagi masih bisa mengkontrol, maka semuanya akan baik saja, malah membuat pasangan senang.